S Social Media

img

Launching PUAS BERTAKWA Kota Kendari

img
, article

Bandung - Sebagaimana program kerjasama antara Pemerintah Kota Kendari  dengan Bandung  Trust Advisory Group yang tertuang dalam MoU nomor: 4/MOU/2013 dan Nomor: 123/ADM/Btrust/III/2013 tentang  peningkatan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. melalui pembentukan sistem penanganan pengaduan masyarakat. Khusus untuk di Kota Kendari. Secara umum, tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah meningkatkan Good Governance dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik melalui sistem penanganan pengaduan masyarakat.  Sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan publik melalui pendekatan pembentukan Unit Layanan Penanganan Pengaduan yang terpusat, penggunaan sistem pengaduan secara elektronik serta penanganan pengaduan yang efektif.

 

Wakil Walikota Kendari, Musadar Mapasomba secara resmi melaunching Pusat Aduan dan Informasi Masyarakat (PUAS) Bertakwa di Hotel Clarion, Senin (20/10/2014). Puas Bertakwa merupakan salah satu program atas kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Kota Kendari dengan Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) dan Uni Eropa dalam program “Peningkatan Efisiensi, Transparansi dan Akuntabilitas Pelayanan Publik melalui Pembentukan Sistem Penanganan Pengaduan Masyarakat”.

Merupakan salah satu bentuk komitmen dari pemerintah setempat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Saya sangat yakin dengan dibentuknya PUAS Bertakwa ini akan menjadi salah satu bentuk kesadaran bagi kawan-kawan semua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat, karena tidak elok jika pusat aduan justru diadukan kembali,” katanya.

Lebih lanjut, jika masyarakat ingin menyampaikan aduannya bisa dilakukan secara online melalui website www.puasbertakwa.kendarikota.go.id, masyarakat tidak perlu khawatir akan kerahasiaan dari data yang telah dimasukkan. “Kami ini pemerintah juga tidak mungkin akan sembarangan membeberkan data identitas orang, kami pasti akan menjamin kerahasiaannya, hanya saja data itu perlu dilengkapi agar apa yang menjadi aduannya bisa segera ditindak lanjuti, kalau identitasnya saja tidak jelas bagaimana caranya pemerintah akan memproses apa yang menjadi aduan, jangan sampai informasi yang diberikan kepada kami hanya informasi kaleng,” ujarnya.

 

Direktur Senior B_Trust, Ir. Siswanda HS MPM dalam mengatakan, PUAS Bertakwa merupakan sistem yang dibangun untuk menangani setiap pengaduan masyarakat terhadap Pelayanan Pemerintah Kota Kendari. Melalui PUAS Bertakwa, diharapkan penanganan pengaduan masyarakat menjadi semakin efektif dan terkoordinasi sehingga meningkatkan kualitas pelayanan publik yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

 

Pembentukan PUAS Bertakwa melalui berbagai proses kajian, baik Focus Group Discussion (FGD), Konsultasi, Lokakarya, pelatihan, bahkan Studi Banding ke daerah yang  telah  lebih dahulu menerapkan sistem penanganan pengaduan. “Proses yang panjang ini ditujukan agar desain organisasi dan sistem PUAS Bertakwa benar-benar dapat diterapkan dan berjalan dengan efektif guna menunjang pelayanan publik yang lebih maksimal”.

 

Walikota Kendari DR. Asrun M.Eng Sc, saat ditemui mengatakan sangat bangga bisa mempersembahkan PUAS Bertakwa kepada masyarakat Kota Kendari. "Dengan diresmikannya lembaga yang menangani pengaduan masyarakat dan informasi ini sejalan dengan komitmen dan perhatian kami terhadap masyarakat Kota Kendari. Walikota juga menginginkan agar setiap Kepala SKPD memperhatikan dan merespon pengaduan masyarakat. Dia berharap, terobosan ini dapat diikuti oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Kendari".